Kamu ingin SOFTWARE penting dan gratis?. Dapatkan 50+ software windows dan Android kamu !
Kamu Di Bayar Hanya Untuk Nonton Video? Segera CEK DI SINI !

Pengetahuan Bagi Penderita Penyakit Degeneratif Disc

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Dengan adanya banyak timbulnya masalah di tulang belakang disebabkan karena proses degenerasi diskus intervertebralis. Segala sesuatu yang Anda lakukan sepanjang hari,setelah Anda berdiri tegak,mulai menguji kemampuan tulang belakang untuk mendukung berat badan Anda. Seiring waktu,stres sehari-hari yang berulang dan luka ringan juga dapat menambah dan mulai mempengaruhi disc di tulang belakang Anda. Luka ringan pada disk ini dapat terjadi dan tidak menimbulkan rasa sakit pada saat cedera. Namun,karena bertambahkan,disc akhirnya mulai menderita dan keausan. 

Informasi ini untuk membantu Anda memahami: 

  • Anatomi tulang belakang yang berkaitan dengan penyakit degeneratif disk 
  • Penyebab dan gejala penyakit degeneratif disk lumbal 
  • Bagaimana kondisi ini didiagnosis 
  • Perawatan yang tersedia untuk pengobatan kondisi 
Anatomi 
Untuk memahami gejala dan pilihan pengobatan,Anda harus mulai dengan pemahaman tentang anatomi umum tulang belakang lumbal Anda (punggung bawah). Ini termasuk yang berkaitan dengan berbagai bagian yang membentuk tulang belakang dan bagaimana bagian-bagian ini bekerja sama. 

Penyebab 
Bersangkutan dengan penyakit degeneratif disk,masalah utamanya adalah terletak dalam satu atau lebih dari cakram intervertebralis. Ada disk di antara masing-masing vertebra di tulang Anda. Diskus intervertebralis berfungsi untuk menyerap tekanan dan menjaga tulang belakang fleksibel dengan bertindak sebagai bantal selama gerakan tubuh. Cakram (disc) ini dengan mirip dengan peredam kejut. Tanpa efek bantal dari cakram,tulang di tulang belakang Anda tidak akan mampu menyerap tekanan,atau memberikan gerakan yang dibutuhkan untuk menekuk dan memutar. Tulang tidak dapat mempertahankan stres yang tinggi berulang kali tanpa kerusakan. Sebagian besar stres mekanik dari gerakan sehari-hari ditransfer ke cakram. 

Sebuah cakram intervertebralis yang sehat memiliki banyak air dalam nucleus pulposus,di bagian tengah dari disk. Kadar air memberikan inti kualitas spons dan memungkinkan untuk menyerap stres tulang belakang. Tekanan yang berlebihan atau cedera disk dapat menyebabkan cedera pada anulus,cincin luar bahan ligamen tangguh yang memegang tulang bersama-sama.

Umumnya,anulus adalah bagian pertama dari disk yang tampaknya terluka. Robekan kecil muncul seperti pada bahan ligamen anulus. Air mata ini sembuh dengan jaringan parut. Jaringan parut tidak sekuat jaringan ligamen normal. Seiring waktu,sebagai bentuk-bentuk jaringan parut lebih banyak,anulus menjadi lemah. Akhirnya ini dapat menyebabkan kerusakan nucleus pulposus. Inti mulai kehilangan kadar airnya karena kerusakan,dan itu mulai mengering. 

Karena kehilangan air,cakram kehilangan sebagian kemampuannya untuk bertindak sebagai bantal. Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak stres pada anulus dan masih banyak air mata sebagai siklus berulang. Sebagai inti kehilangan kadar air itu jadi runtuh,yang memungkinkan dua vertebra atas dan bawah untuk bergerak lebih dekat satu sama lain. Hal ini menghasilkan penyempitan ruang disk diantara kedua vertebra. Seperti terjadi pergeseran ini, sendi facet terletak di bagian belakang tulang belakang dipaksa bergeser. Pergeseran ini mengubah cara sendi facet bekerja sama dan dapat menyebabkan masalah pada sendi facet juga. 

Taji tulang,kadang-kadang disebut osteofit,mungkin mulai terbentuk di sekitar ruang disk. Taji tulang juga bisa terbentuk di sekitar sendi facet. Hal ini diduga disebabkan oleh respons tubuh yang mencoba menghentikan gerakan berlebih pada segmen tulang belakang. Taji tulang dapat menjadi masalah jika mereka mulai tumbuh ke kanal tulang belakang dan menekan ke sumsum tulang belakang dan saraf. Kondisi ini disebut spinal stenosis. 

Gejala 
Gejala awal yang paling umum dari penyakit degeneratif disk biasanya nyeri di punggung yang menyebar ke bokong dan paha atas. Ketika spesialis kembali merujuk kepada penyakit degeneratif disk,mereka biasanya mengacu pada kombinasi dari masalah di tulang belakang yang "memulai" dengan kerusakan disk,tapi akhirnya mulai mempengaruhi semua bagian tulang belakang. 

Untuk saat ini,akan membahas masalah dugaan munculnya dari merosotnya disk itu sendiri. 

Nyeri discogenic 
Nyeri discogenic adalah istilah spesialis yang kembali digunakan ketika mengacu pada rasa sakit yang disebabkan oleh cakram intervertebralis rusak. Sebuah disk yang merosot dapat menyebabkan rasa sakit dari tipe mekanik. Sebagai disk yang mulai merosot,ada beberapa bukti bahwa disk itu sendiri menjadi menyakitkan. Bahwa Mutasi tempat stres pada disk dapat mengakibatkan sakit punggung yang diduga datang dari disk. Hal ini mirip dengan bagian lain tubuh yang terluka,seperti patah tulang,atau bahkan pemotongan kulit. Jika Anda memindahkan patah tulang,atau kulit di sekitar luka,menyebabkan nyeri. 

Nyeri discogenic biasanya menyebabkan nyeri yang terasa di punggung bawah. Hal ini juga mungkin terasa seperti rasa sakit sampai ke daerah pantat Anda dan bahkan turun ke paha atas. Dari beberapa Pengalaman rasa sakit jauh di daerah lain dari tempat titiknya yang menyebabkan rasa sakit serasa umum/merarta di banyak area di tubuh,bukan hanya pada tulang belakang. 

Contoh : orang yang memiliki batu empedu bisa merasakan sakit di bahu mereka,atau seseorang yang mengalami serangan jantung mungkin akan merasa nyeri di lengan kiri. Hal ini disebut sebagai radiasi rasa sakit. Hal ini juga sangat umum untuk nyeri yang dihasilkan oleh masalah tulang belakang,seperti masalah disc,dirasakan di berbagai wilayah tubuh,termasuk bagian belakang itu sendiri. 

Tojolan Disc 
Tonjolan cakram cukup umum pada orang dewasa muda dan orang tua. Hal itu tidak banyak menyebabkan kekhawatiran. Bahkan,kelainan yang muncul pada MRI (Magnetic Resonance Imaging),seperti tonjolan cakram,terlihat pada tingkat tinggi pada pasien dengan dan tanpa sakit di punggung. Kemungkinan besar sebabnya adalah beberapa disk itu mulai menonjol sebagai bagian dari kedua proses penuaan,dan proses degenerasi diskus intervertebralis. Sebuah disk menggembung tidak selalu merupakan tanda bahwa sesuatu yang serius terjadi pada tulang belakang Anda. 

Sebuah disk menggembung menjadi penting ketika sebuah tonjolan cukup untuk menyebabkan penyempitan kanal tulang belakang. Jika ada tulang taji muncul pada sendi facet belakang disc akan menggembung,kombinasi ini dapat menyebabkan penyempitan kanal tulang belakang di daerah itu. Ini kadang-kadang disebut sebagai stenosis spinalis segmental. 

Diagnosa 
Sebelum perawatan kesehatan profesional dapat mendiagnosa kondisi Anda dan membuat rencana perawatan,laporan yang lengkap dan pemeriksaan fisik diperlukan. Ada begitu banyak kemungkinan penyebab internal rasa sakit,maka penting untuk menentukan apa yang bisa dan tidak jadi akar masalah. Setelah dokter menemukan gagasan yang lebih baik tentang apa yang menyebabkan ketidaknyamanan Anda,tes diagnostik sejenis mungkin disarankan. 

Laporan (keadaan) 
Pertama,Anda akan diminta untuk melaporkan fisik secara lengkap dari kondisi Anda. Hal ini dapat dimulai dengan mengisi formulir tertulis yang meminta Anda menjawab sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan rasa sakit Anda. Semakin banyak informasi yang Anda berbagi dengan pembimbing Anda,akan semakin mudah masalah Anda untuk didiagnosa. Sejarah fisik Anda adalah penting karena akan membantu dokter untuk memahami: ketika rasa sakit mulai,apa pun yang bisa menyebabkan cedera,dan gaya hidup Anda, faktor fisik yang mungkin menyebabkan rasa sakit,dan riwayat keluarga dengan masalah yang sama. Setelah membaca sejarah tertulis Anda,dokter Anda akan memberi lebih banyak pertanyaan yang berhubungan dengan informasi yang Anda berikan. 

Beberapa pertanyaan yang khas biasanya akan meliputi: 

  • Kapan nyeri dimulai? 
  • Apakah ada cedera yang memungkinkan berhubungan dengan rasa sakit? 
  • Di mana Anda merasakan sakit? Apa intensitas? 
  • Apakah menimbulkan nyeri ke bagian lain dari tubuh anda? 
  • Apa faktor yang membuat rasa sakit terasa lebih baik atau malah lebih buruk?
  • Apakah Anda punya masalah dengan kandung kemih atau usus? 
  • Apakah ada riwayat osteoporosis dalam keluarga Anda ...dsb..
Pemeriksaan Fisik 
Setelah mengambil sejarah Anda,dokter akan memberikan pemeriksaan fisik. Hal ini memungkinkan dokter untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab rasa sakit dan mencoba untuk menentukan sumber masalah Anda. Daerah tubuh Anda yang akan diperiksa tergantung pada di mana Anda mengalami sakit leher,punggung,lengan,kaki,dll.

Berikut ini adalah beberapa hal yang diperiksa dalam ujian yang khas: 

  1. Gerak Spine dan Leher - Apakah ada rasa sakit ketika Anda memutar,membungkuk,atau pindah? Jika demikian,di mana? Apakah Anda kehilangan beberapa fleksibilitas? 
  2. Kelemahan - Otot-otot Anda akan diuji untuk kekuatan. Anda mungkin diminta untuk mencoba untuk mendorong atau mengangkat lengan,tangan,atau kaki ketika resistensi cahaya diletakkan terhadap mereka. 
  3. Nyeri - Dokter mungkin mencoba untuk menentukan apakah Anda memiliki kelemahan di daerah-daerah tertentu. 
  4. Perubahan sensorik - Dapatkah Anda merasakan sensasi tertentu di daerah tertentu dari kaki atau tangan? 
  5. Perubahan Reflex - refleks tendon Anda mungkin diuji,seperti di bawah tempurung lutut dan di bawah tendon Achilles pada pergelangan kaki Anda. 
  6. Keterampilan motorik - Anda mungkin akan diminta untuk melakukan kaki atau tumit kaki. 
  7. Tanda khusus - Dokter juga akan memeriksa setiap "bendera merah" yang bisa menunjukkan sesuatu selain masalah tulang belakang/vertebrae. Beberapa tanda-tanda masalah lain meliputi ; nyeri di daerah-daerah tertentu,demam,denyut abnormal,penggunaan steroid kronis (menyebabkan hilangnya massa tulang),atau penurunan berat badan yang cepat. 
Tes Diagnostik 
Anda mungkin diminta untuk mengambil berbagai tes diagnostik. Tes yang dipilih berdasarkan apa yang di duga oleh dokter Anda adalah sebagai penyebab rasa sakit Anda. Tes diagnostik yang paling umum digunakan untuk mendiagnosa penyakit degeneratif disk mungkin sinar-X biasa dan MRI scan. 

Sinar-X 
X-ray adalah proses menyakitkan yang menggunakan bahan radioaktif untuk mengambil gambar tulang. Jika dokter Anda mencurigai degenerasi tulang belakang,sinar-X dapat digunakan untuk memverifikasi: penurunan ketinggian ruang antara cakram,tulang taji,saraf bundel sclerosis (pengerasan),segi hipertrofi (pembesaran),dan ketidakstabilan selama fleksi atau ekstensi anggota badan. Sinar-X menunjukkan tulang,tapi tidak banyak jaringan lunak,sehingga mereka pasti akan digunakan jika patah tulang,infeksi,atau diduga tumor.  Selama di sinar-X,Anda akan diminta untuk berbaring diam di atas meja dan memegang posisi tertentu saat gambar diambil dari tulang belakang. 

MRI scan (Magnetic Resonance Imaging) 
MRI scan adalah tes yang cukup baru yang tidak menggunakan radiasi. Dengan menggunakan gelombang magnetik dan radio,MRI menciptakan gambar yang dihasilkan oleh komputer. MRI mampu menembus beberapa lapisan tulang belakang dan menunjukkan kelainan jaringan lunak,seperti saraf dan ligamen. Tes ini juga dapat digunakan untuk memverifikasi: hilangnya air dalam disk,facet sendi hipertrofi (pembesaran),stenosis (penyempitan kanal tulang belakang),atau herniated disc (penonjolan atau pecahnya cakram intervertebralis). 

Selama tes MRI,Anda berbaring di meja yang dapat digeser ke dalam mesin besar,dengan terowongan bulat. Pemindai mesin kemudian mengambil banyak gambar yang diawasi dan dipantau oleh seorang teknisi. Beberapa mesin MRI baru,disebut Open MRI,ini cenderung lebih nyaman bagi pasien yang mengalami claustrophobia. Prosedur ini memakan waktu sekitar 30-60 menit. Pengujian tambahan kadang-kadang digunakan untuk lebih memahami apa yang menyebabkan sakit punggung Anda. 

Pengobatan 
Pada kunjungan pertama Anda ke spesialis,keputusan awal yang harus dilakukan adalah seberapa persis seriusnya masalah ini. Beberapa masalah yang perlu diperhatian untuk di lakukan dengan segera,bahkan mungkin operasi. Namun,sebagian besar masalah punggung tidak memerlukan operasi. Setelah penyebab paling mungkin dari masalah Anda telah ditentukan (diagnosis telah dibuat),Anda dan dokter Anda dapat memutuskan pada rencana pengobatan. 

Berbagai pilihan pengobatan untuk berbagai jenis nyeri punggung. Dalam kebanyakan kasus,terapi sederhana seperti obat sakit ringan dan istirahat yang efektif untuk mengurangi rasa sakit segera. Tujuan keseluruhan dari pengobatan adalah: untuk membuat Anda nyaman secepat mungkin, \untuk merancang program untuk mengurangi degenerasi lebih lanjut,dan untuk mendapatkan Anda dapat kembali ke aktivitas normal pada waktu yang tepat. Semakin banyak Anda tahu tentang bagaimana Anda kembali bekerja dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah cedera lebih lanjut,semakin efektif akan program Anda. Berikut adalah deskripsi bentuk yang paling umum dari pengobatan,bersama dengan penjelasan singkat tentang apa yang masing-masing dirancang untuk dilakukan. 

Konservatif Pengobatan 
Kembali spesialis sering menggunakan istilah "pengobatan konservatif" untuk menggambarkan setiap pilihan pengobatan yang tidak melibatkan operasi. Oleh karena itu,Anda mungkin pernah mendengar,atau membaca dalam catatan Anda,bahwa penyedia Anda merekomendasikan pengobatan konservatif untuk masalah punggung Anda. Pengobatan untuk masalah punggung Anda mungkin sesederhana meyakinkan Anda bahwa itu bukan masalah serius,dan melakukan apa-apa selain melihat dan menunggu. Namun,biasanya siapa saja yang memiliki masalah punggung yang menjadi gejala harus mempertimbangkan beberapa tindakan pencegahan. Ini biasanya berarti bahwa Anda perlu mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana melindungi punggung dan menganggap latihan awal untuk memperkuat punggung Anda. Latihan-latihan ini bisa cepat dan mudah dilakukan,tidak memerlukan peralatan khusus,dan dapat membantu mencegah masalah masa datang. 

Berbagai pilihan pengobatan untuk sakit punggung yang dihasilkan dari degenerasi (keausan) pada bagian tulang belakang. Dalam kebanyakan kasus,terapi sederhana seperti obat sakit ringan dan istirahat yang efektif. Tujuan dari pengobatan adalah untuk membuat Anda merasa nyaman,mengurangi degenerasi lebih lanjut,dan membuat Anda kembali ke aktivitas normal secepat mungkin. Sebagai usaha terakhir,dan hanya jika semua pengobatan konservatif lain gagal,operasi mungkin dipertimbangkan. 

Istirahat spesifik 
Segera lakukan istirahat setelah cedera punggung,selebihnya biasanya bahwa semua punggung Anda perlu merasa lebih baik. Istirahat digunakan untuk mengambil tekanan dari tulang belakang dan otot-otot di sekitarnya. Anda harus beristirahat dalam posisi nyaman di kasur yang keras. Menempatkan bantal di bawah lutut Anda juga dapat membantu meringankan rasa sakit. Tidak tinggal (jauhi) di tempat tidur selama beberapa hari! Istirahat di tempat tidur selama lebih dari dua atau tiga hari dapat melemahkan otot punggung,justru akan membuat masalah lebih buruk bukannya lebih baik. Meskipun Anda mungkin masih merasa sakit,kembali secara bertahap ke kegiatan normal adalah baik untuk otot-otot Anda. Dalam kebanyakan kasus pada nyeri punggung yang tiba-tiba,semakin cepat Anda mulai bergerak lagi, semakin cepat sakit punggung Anda akan membaik. Jika Anda disarankan untuk menemui ahli terapi fisik,beberapa hari pertama mungkin dihabiskan untuk mendidik Anda tentang cara untuk mengambil stres dari belakang,sambil tetap seaktif mungkin. Jangka pendek istirahat dikombinasikan dengan latihan singkat yang dirancang untuk mengurangi rasa sakit Anda mungkin disarankan. 

Obat-obatan 
Obat sakit ringan dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit ketika diambil dengan benar. Obat tidak akan menghentikan degenerasi,tetapi itu akan membantu anda untuk mengkontrol nyeri. 

Aspirin 
Senyawa aspirin over-the-counter penghilang rasa sakit yang dapat membantu meringankan rasa sakit ringan dan sakit kambuhan. Potensi utama efek samping aspirin adalah pengembangan masalah perut,terutama ulkus dengan atau tanpa perdarahan. Anda tidak harus mengambil aspirin jika Anda sedang hamil. Bahkan,Anda tidak harus minum obat apapun kecuali Anda telah berbicara dengan dokter kandungan Anda. 

NSAID (Non-Steroid Obat Anti-inflamasi) 
NSAID termasuk over-the-counter penghilang nyeri seperti ibuprofen atau naproxen. Obat-obat ini dulunya hanya tersedia dengan resep dokter. NSAID sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit yang terkait dengan ketegangan otot dan peradangan. Mereka memblokir respon inflamasi pada sendi. Namun,perlu diketahui bahwa NSAID dapat menurunkan fungsi ginjal jika Anda adalah seorang pasien yang lebih tua. Penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan masalah ginjal. Sekali lagi, jangan membawa mereka jika Anda sedang hamil. 

Resep Obat Sakit Non-narkotika
Analgesik non-narkotik (analgesik berarti jangka "penghilang rasa sakit") tempat nyeri pada titik cedera. Analgesik yang ideal dalam pengobatan nyeri kronis ringan sampai sedang. Tylenol dan aspirin adalah yang paling banyak digunakan analgesik over-the-counter. Analgesik yang memerlukan resep dari dokter termasuk NSAID seperti: carprofen,fenoprofen,ketoprofen,dan sulindac. 

Untuk mengurangi efek samping: tidak berbaring selama 15 sampai 30 menit setelah minum obat,hindari sinar matahari langsung,memakai pakaian pelindung,dan menggunakan blok berjemur. Hindari menggunakan obat ini jika Anda sedang hamil,memiliki borok berulang,atau masalah hati. 

Relaksan Otot 
Jika Anda mengalami kejang otot,relaksan otot dapat membantu mengurangi rasa sakit,tetapi itu hanya akan terlihat sedikit efektif. Hal itu juga memiliki risiko yang signifikan dari rasa kantuk dan depresi. Penggunaan jangka panjang tidak disarankan, biasanya dianjurkan hanya tiga sampai empat hari. 

Antidepresan 
Nyeri punggung sebenarnya merupakan gejala umum dari depresi dan bisa menjadi indikator kehadirannya. Antidepresan dapat meredakan stres emosional yang menyebabkan gejala sakit punggung. Sebuah fakta penting untuk dicatat - tampaknya bahwa reaksi kimia yang sama dalam sel-sel saraf yang memicu depresi juga mengendalikan jalur nyeri di otak. Beberapa obat antidepresan tampaknya untuk mengurangi rasa sakit,mungkin karena mereka mempengaruhi reaksi kimia dalam sel-sel saraf. Beberapa jenis antidepresan juga membuat obat tidur lebih baik. Jika Anda mengalami kesulitan tidur karena sakit punggung,dokter mungkin meresepkan antidepresan untuk membantu Anda kembali ke rutinitas tidur normal. Antidepresan dapat memiliki beberapa efek samping seperti: mengantuk,kehilangan nafsu makan,sembelit,mulut kering,dan kelelahan. 

Suntikan steroid epidural (ESI) - Blok saraf 
Sebuah ESI dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat stenosis dan akar saraf yang teriritasi,serta untuk mengurangi peradangan. Suntikan juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dari disk menggembung atau herniated. Suntikan steroid adalah kombinasi dari kortison (kuat anti-inflamasi steroid) dan anestesi lokal yang diberikan melalui belakang ke dalam ruang epidural. Suntikan epidural steroid tidak selalu berhasil dalam mengurangi gejala peradangan. Itu hanya digunakan bila pengobatan konservatif telah gagal. 

Terapi Fisik 
Jika terapi fisik dianjurkan,rencana pengobatan Anda dapat mencakup satu atau lebih jenis terapi: 

  1. Modalitas - bolak panas dan es,pijat,ultrasound,dan stimulasi listrik 
  2. Bracing - mulai dari korset sederhana untuk jaket tubuh plastik kaku
  3. Fleksibilitas dan Kekuatan Pelatihan - ini dicapai melalui latihan,postur pelatihan ulang,peregangan,dll 
  4. Kolam Terapi - tekanan tulang belakang membongkar karena penurunan gravitasi yang disediakan oleh air 
  5. Pelatihan Postur - belajar bagaimana untuk berdiri, duduk, dan bergerak dengan benar, postur yang salah dapat berkontribusi untuk kembali sakit 
Latihan 
Latihan sangat penting untuk pemulihan dan untuk menjaga tulang sehat. Anggap saja bagian dari manajemen kesehatan jangka panjang dan pengurangan risiko. Olahraga teratur adalah cara paling dasar untuk memerangi masalah punggung. Namun,jika Anda sudah memiliki cedera atau kerusakan pada tulang belakang,hendakllah berbicara dengan dokter Anda atau ahli terapi fisik sebelum Anda memulai latihan rutin. Anda perlu memastikan bahwa latihan Anda memilih yang efektif dan aman untuk kasus tertentu. 

Mengapa berolahraga? Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa orang yang berolahraga secara teratur memiliki lebih sedikit masalah dengan punggung mereka. Ini membantu memperkuat otot-otot punggung Anda yang sesuai dengan tulang belakang Anda. Hal ini dapat mengurangi risiko jatuh dan cedera. Hal ini dapat memperkuat perut (perut),lengan,dan kaki,yang mengurangi ketegangan punggung. Peregangan mengurangi risiko kejang otot. Selain itu,latihan bantalan berat membantu mencegah hilangnya massa tulang yang disebabkan oleh osteoporosis,mengurangi risiko fraktur kompresi. Latihan aerobik,jenis yang mendapat jantung memompa dan denyut nadi up,telah terbukti menjadi pereda nyeri yang baik juga. Bahan kimia alami tubuh yang sakit tempur - yang disebut endorfin - dilepaskan selama latihan dan benar-benar mengurangi rasa sakit. Sumber; http://umm.edu/programs/spine/health/guides/degenerative-disc-disease

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَاٰلَمِين
Jika anda merasa artikel ini manfaat,silahkan sempatkan waktu sebentar untuk berbagi.

Dapatkan Dengan Gratis Artikel Baru Dari ArsipFank Langsung ke email anda,Silahkan masukkan Email Valid dan klik Setuju:


1 comment:

  1. Ayo cegah penyakit degenaratif dengan makan yang bergizi dan herbal bawang daya, daun afrika, temulawak dll. Terbukti herbal lebih murah dan hasilnya jauh lebih baik dr obat kimia. Hub kami chasiapro@gmail.com

    ReplyDelete

Silahkan tulis komentar anda atau bertanya:
~ Boleh kritik,atau memberi saran,dan harap menyambung dengan tema artikel. Untuk kemajuan blog ini.
~ Jangan pasang link hidup (otomatis hilang).
~ Maaf,Komentar saya moderasi,jadi tidak akan langsung muncul.
~ Terima kasih atas dukungan dan partisipasi anda semua !

Powered by Blogger.